Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMAN 1 Warureja |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Menengah Atas |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan motivasibelajar siswa |
Penulis |
Hery Budianto |
Tanggal |
Rabu 13 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah ? Latar belakang yang menjadi masalah adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas X.1 pada Jaringan Komputer dan Internet. Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ? Praktik ini penting untuk dibagikan karena secara langsung akan berdampak pada hasil belajar peserta didik pada materi Jaringan Komputer dan Internet dan secara tidak langsung dapat berbagi pengalaman serta memotivasi rekan-rekan guru untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didik. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ? Peran saya dalam praktik ini adalah sebagai guru,tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah membuat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, menyiapkan alat dan bahan, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? 1. Peserta didik belum terbiasa mengikuti pelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran yang ada. 2. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa Siapa saja yang terlibat ? Guru, peserta didik, rekan guru, kepala sekolah. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang |
Langkah-langkahapayangdilakukanuntuk menghadapi tantangan tersebut ? Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah, wawancara dengan kepala sekolah serta menyiapkan kajian literatur, merumuskan solusi, membuat perangkat pembelajaran dan mengagendakan waktu pelaksanaan aksi. |
terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Strategi apa yang digunakan ? A. METODE PEMBELAJARAN 1. Pendekatan : Saintifik 2. Model : Project Based Learning 3. Metode :Ceramah,diskusi,tanya jawab,demonstrasi
B. MEDIA,ALAT DAN SUMBER BELAJAR 1. Media : Laptop, LCD, Video pembelajaran 2. Alat :
3. Sumber belajar : Bahan Ajar (terlampir) dan LKPD a) Buku Panduan Guru Informatika (Wahyono, dkk.2021) b) Buku Informatika – Kemdikbud di perpustakaan (Malikul Falah, 2021) c) Internet (https://app.diagrams.net/#G1xfr6mVLFxxfbsSV4Cf1FsFlJn7vGa9yU ) d) Youtube : Kompas TV - https://www.youtube.com/watch?v=psIpo0WDIxU
C. MATERI PEMBELAJARAN 1. Jaringan lokal, internet 2. Jenis-jenis konektivitas internet D. PENILAIAN PEMBELAJARAN Teknik Penilaian a. Penilaian Sikap Penilaian sikap dilakukan melaui pengamatan terhadap keaktifan dalam proses pembelajaran b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan 1. Tes Tertulis a) Pilihan ganda b) Uraian,esay 2. Tes Lisan c. Penilaian Kompetensi Keterampilan Teknik penilaian: Tes praktik peserta didik. Bagaimana prosesnya ? Pendahuluan 1. Melakukan salam pembuka dan berdoa bersama untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kehadiran peserta didik
3. Mengaitkan materi pembelajaran.
4. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas 5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
Inti 1. Guru menayangkan video 2. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya 3. Peserta didik mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok 4. Peserta didik mengerjakan tugas kelompok 5. Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Penutup 1. Peserta didik mengerjakan Post Test 2. Peserta didik mengerjerjakan Refleksi 3. menyampaikan rencana pembelajaran 4. doa dan salam penutup
Siapa saja yang terlibat ? Yang terlibat dalam kegiatan ini saya sendiri selaku guru,peserta didik dan kameramen yang membantu proses pengambilan video. Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ? Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah sebagai berikut : 1. Fasilitas yang ada disekolah seperti lapangan praktek, Labkom ,lcd,layar. 2. Kamera,tripod. 3. Kameramen.
|
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Berdasarkan hasil observasi, serta penilaian yang dilakukan adapun dampak adalah sebagai berikut : 1. Peserta didik terlihat antusias dan bersemangat serta aktif selama pembelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penilaian sikap peserta didik yang mana rata-rata nilai sikap disiplin adalah 85, rata-rata nilai sikap tanggung jawab 85, serta rata-rata nilai sikap kerja sama 80. Peserta didik secara berkelompok menyelesaikan permasalahan pada LKPD dengan baik. 2. Hasil nilai membuat desain diagram,net terlihat bahwa peserta didik mampu memperoleh nilai tertinggi 95 serta nilai terendah 80. Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan? 1. Respon dari peserta didik : Peserta didik sangat antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran karena mereka bisa menyaksikan video pembelajaran sebelum melakukan praktek sehingga pada saat praktek tujuan pembelajaran dapat dicapai. 2. Respon dari rekan guru : Rekan guru menyambut baik dengan apa yang sudah dilakukan terkait strategi ini karena secara tidak langsung memberikan motivasi kepada mereka untuk melakukan hal yang sama demi tercapainya tujuan pembelajran yang diberikan kepada peserta didik. 3. Respon dari kepala sekolah : selaku pimpinan dilembaga tempat saya mengajar kepala sekolah sangat mendukung dengan langkah-langkah serta strategi yang saya pakai,beliau berharap agar kami para guru terus berinovasi dalam meyajikan materi kepada peserta didik. Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Secara garis besar kegitan aksi ini berhasil adapun faktor faktor penyebabanya adalah : 1. Perencanaan yang terukur 2. Perangkat pembelajaran yang lengkap 3. Fasilitas yang ada disekolah cukup memadai 4. Dukungan dari rekan-rekan guru dan kepala sekolah 5. kerja sama yang baik yang ditunjukan oleh pesertadidik ada beberapa kekurangan antar lain : 1. Pengelolaan waktu terutama saat pendahuluan perlu ditingkatkan karena yang direncanakan dalam RPP kegiatan pendahuluan 10 menit, namun saat pembelajaran mengahabiskan waktu hampir 20 menit. 2. Pengelolaan kelas perlu ditingkatkan sehingga suasana pembelajaran tetap kondusif baik saat bekerja dalam kelompok maupun saat kegiatan presentasi Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ? Untuk mencapai tujuan penbelajaran yang baik maka perlu dilakukan analisis permasalahan yang dialami oleh siswa,menganalis sousi,membuat perencanaan dengan baik dan matang serta pada saat aksi dilakukan sesuai dengan perencanaan |
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Koneksi antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin
Oleh : Hery BudiantoCalon Guru Penggerak Angkatan 11 Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah Link Youtube : https://youtu.be/P5PrdmE3Q40 Rangkuman Kesimpulan Pembelaj
JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 11
MODUL 1.1. - FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA Assalamualaikum Wr. Wb, Salom, Om Swastiastu, Namo Budaye, Rahayu, Salam Kebajikan. Perkenalkan, saya Hery Budianto Calon Guru Pengge
PPDB SMAN 1 WARUREJA TP. 2024/2025
LINK PENDAFTARAN PPDB ONLINE
Deklarasi Anti Bullying SMAN 1 Warureja
Deklarasi anti bulying yang diselenggarakan di satuan pendidikan SMAN 1 Warureja, merupakan bagian tidak terpisahkan dari kegiatan yang dilakukan pada hari sebelumnya yakni pelaksanaan
IHT Pencegahan dan penanganan kekerasan SMAN 1 Warureja
Permendikbud PPKSP bertujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua murid, guru, dan tenaga kependidikan untuk dapat mengembangkan potensi
ABM, Mendeteksi Bakat dan Minat Siswa Smansawa
Pembelajaran berbasis pada siswa adalah salah satu inti dari Kurikulum Merdeka. Hal itu bermakna keseluruhan proses pendidikan hendaknya perpusat pada kebutuhan siswa. Untuk memahami ke
IHT - Perencanaan Berbasis Data
Kamis, tanggal 26 Oktober 2023 , SMAN 1 Warureja mengadakan IHT (In House Training) dengan tema "Perencanaan Berbasis Data(PBD). Kegiatan ini di buka oleh Bapak Cabang Dinas 12, yang d
IHT Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ( KOSP)
Assalamualaikum Wr. Wb.IHT dalam rangka Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ( KOSP), di SMA Negeri 1 Warureja , silaksanakan pada hari Rabu, 21 Juni 2023.Pelaksanaan